Thursday, May 1, 2014

Cek Bilangan Prima

Anda seharusnya sudah tahu apakah bilangan prima itu. Singkatnya bilangan prima adalah bilangan bulat lebih dari 1 yang tidak dapat dibagi menjadi bilangan bulat lagi oleh bilangan bulat lain kecuali oleh dirinya sendiri. Contoh bilangan prima: 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, dst. Misalnya, 9 bukan bilangan prima karena 9 dapat dibagi 3. Apakah -5 bilangan prima? Menurut definisi di atas, bilangan prima adalah bilangan bulat positif, sehingga -5 bukan prima.
Pak Dengklek memberikan Anda bilangan-bilangan N (-32.000 < N < 32.000). Untuk setiap bilangan, tentukan apakah bilangan tersebut bilangan prima atau bukan.

Format Masukan

Banyak baris, antara 1 sampai 100 baris, masing-masing berisi sebuah bilangan bulat N.

Format Keluaran

Untuk setiap baris, cetak YA apabila N adalah bilangan prima, atau TIDAK jika bukan.

Contoh Masukan

23
-7
9000
1

Contoh Keluaran

YA
TIDAK
TIDAK
TIDAK

Petunjuk

Ada banyak cara (algoritma) untuk memeriksa apakah suatu bilangan prima atau bukan. Namun, untuk sekarang Anda boleh menggunakan cara ini: Anda dapat memeriksa apakah N dapat dibagi oleh setiap bulangan bulat mulai dari 2 sampai dengantrunc(sqrt(A)), yaitu bilangan bulat terbesar yang tidak melebihi akar kuadrat dari N.
Cara lain yang terkenal dikenal dengan nama 'The Sieve' yaitu singkatan dari 'The Sieve of Erastosthenes'. Suatu waktu akan dijelaskan cara bekerja algoritma tersebut.
Jawabannya adalah :

No comments:

Post a Comment