Thursday, May 1, 2014

For

Pak Dengklek memiliki N (1 ≤ N ≤ 100) kandang bebek. Kandang ke-i berisi Bi (1 ≤ Bi ≤ 100) ekor bebek. Berapa jumlah total bebek yang Pak Dengklek miliki?

Format Masukan

Baris pertama berisi sebuah bilangan bulat N, diikuti dengan N buah bilangan Bi, masing-masing dipisahkan oleh sebuah spasi.

Format Keluaran

Sebuah baris berisi sebuah bilangan bulat yaitu jumlah bebek yang Pak Dengklek miliki.

Contoh Masukan

5 1 2 3 4 5

Contoh Keluaran

15

Petunjuk

Jika pada latihan sebelumnya bilangan-bilangan dituliskan pada masing-masing baris, maka kali ini bilangan-bilangan dituliskan pada satu baris yang sama. Untuk membantu program Anda, bilangan pada baris pertama menunjukkan berapa banyak bilangan yang akan Anda jumlahkan. Jadi, program Anda harus membaca bilangan ini di awal, kemudian membaca bilangan-bilangan sebanyak nilai bilangan tadi.
Untuk perulangan (loop) dengan jumlah yang pasti/tertentu dalam Pascal, Anda dapat menggunakan struktur loop for berikut
for <iterator> := <harga-awal> to <harga-akhir> do
begin
    <perintah-perintah>
end;
<iterator> adalah variabel yang akan berubah harganya setiap loop dilakukan, dimulai dari harga <harga-awal>. Setiap perulangan, harga variabel tersebut bertambah satu. Perulangan demi perulangan dilakukan hingga variabel berharga <harga-akhir>. Tentu saja<harga-awal> harus lebih kecil atau sama dengan <harga-akhir>, karena kalau tidak maka program akan terus-menerus melakukan loop. Kita perlu dua variabel baru, untuk mencatat jumlah bilangan yang akan dibaca, misalnya jbil dan untuk <iterator> misalnya i.
Jadi pada bagian deklarasi ditambah dengan pernyataan
jbil, i: integer;
Dan bagian badan program diganti dengan
    jml := 0;
    read(jbil);
    
    for i := 1 to jbil do
    begin
       read(bil);
       jml := jml + bil;
    end;
    
    writeln(jml);
Catatan: perintah readln diganti dengan perintah read agar pembacaan berikutnya tetap membaca pada baris yang sama.
Jawabannya adalah :

No comments:

Post a Comment